MASJID TIBAN: Wisata Religi Penuh Misteri

Veröffentlicht: Dezember 22, 2012 in Indonesia, Malang Exkursion 2012

Oleh: Dewi Ayu P., Elsanto Adhitya, Intan Aulia N., Ratna Amelia A.

Bila anda berkeinginan berwisata religi ke suatu tempat yang berbeda dari tempat-tempat wisata religi yang pernah anda kunjungi sebelumnya, mungkin masjid Tiban menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat. Masjid ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No.10, RT 07 / RW 06 Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid Tiban merupakan sebuah Pondok Pesantren bernama Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah).

Masjid ini didirikan oleh KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub.  Masjid ini juga disebut sebagi masjid jin. Arti masjid tiban sendiri adalah masjid yang “tiba-tiba” berdiri. Pembangunan masjid ini memang tidak diketahui banyak pihak, sehingga pada awal kemunculannya, warga menjuluki masjid ini sebagai masjid Jin. Para warga sekitar mengira bahwa masjid seluas 4 hektar ini didirikan oleh para jin. Namun pada kenyataannya masjid ini didirikan oleh para santri yang tinggal di pondok megah ini.

Ketika anda memasuki kawasan masjid ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan bangunan mewah nan megah. Bangunan bergaya Turki klasik ini didominasi warna biru dan emas. Di lantai pertama masjid berlantai 10 ini anda akan disuguhi dengan sebuah ruangan penuh berisi aquarium dengan berbagai ikan di dalamnya. Di lantai berikutnya anda akan menemukan beberapa ruang keluarga dan ruang tidur  yang berisi sofa dan perabot mewah nan elegan. Tidak hanya itu, anda akan dimanjakan dengan kemegahan-kemegahan lainnya di lantai-lantai berikutnya. Kolam renang bernuansa minimalis dengan hiasan taman mini di sekitarnya menambah kemewahan masjid ini.

Di lantai empat anda akan menemukan sebuah deretan tempat duduk yang mirip sebuah pelaminan bernuansa emas yang terlihat begitu mewah dengan desain berbau klasik. Tempat ini pernah juga digunakan sebagai tempat pelaminan bagi beberapa pasangan. Di lantai ini juga terdapat fasilitas bagi pengunjung yang ingin berfoto menggunakan foto langsung jadi.  Di lantai berikutnya terdapat sebuah toko yang menjajakan souvenir khas masjid Tiban serta oleh-oleh dari kota Malang.

Di halaman belakang terdapat sebuah mini zoo yang berisi beberapa hewan, misalnya burung merak dan monyet. Mini zoo ini tidak terlalu terlihat dari luar, sehingga pengunjung yang ingin melihat mini zoo ini harus memasuki area mini zoo.

Untuk memasuki masjid ini anda tidak akan dipungut biaya sedikitpun. Tetapi untuk dapat menikmati keindahan dan kemegahannya, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Cukup dengan mendatangi bagian informasi dan mendaftarkan anggota yang ada dalam kelompok perjalanan anda.

Kommentare
  1. MARYONO sagt:

    Assalamualaikum wr.wb . bagus untuk wisata realiji sekalian jika bisa ada tempat untuk menginap 1 atau 3 hari saya ikut . wassalam

  2. iwa sobara sagt:

    Wa`alaikum salam,

    iya pak bagus, unik. Sayangnya saya rumahnya jauh dari sana🙂

  3. indri sagt:

    saya sih udah pernah kesana tpi cuma sebentar emang bagus banget sih

  4. iwa sobara sagt:

    Iya betul🙂

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s