Uni Eropa: Tahap-Tahap Persatuan Eropa

Veröffentlicht: November 16, 2012 in Deutschlandkunde

Proses penyatuan Eropa sudah berlangsung sejak tahun 1950-an. Selama lima dasawarsa tersebut perdamaian serta kesejahteraan jangka panjang perlahan-lahan tercipta di benua yang senantiasa kerap terjadi perang antara satu negara dengan negara lainnya selama berabad-abad ini.

1950

Tepat pada tanggal 9 Mei 1950, pemerintah Perancis melalui Menteri Luar Negeri, Robert Schuman, memberitakan rencana mempersatukan negara-negara Eropa secara damai.

1951

Perjanjian Paris yang bertujuan untuk mendirikan Masyarakat Eropa untuk Batu Bara dan Baja (ECCS) ditandatangani pada tahun 1951oleh enam negara yaitu Belanda, Belgia, Italia, Republik Federal Jerman, Luxemburg, dan Perancis.

1957

Berikutnya, pada tahun 1957 keenam negara anggota ECCS menandatangani perjanjian untuk pendirian Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan Masyarakat Atom Eropa (EURATOM) di ibukota Italia, Roma. Perjanjian tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Perjanjian Roma.

 

1958

Perjanjian-Perjanjian Roma mulai diberlakukan. Tiga organisasi yang terdapat di Eropa ketika itu, yaitu MEE, EURATOM dan ECCS memiliki dua organ bersama: Mahkamah Eropa dan Majelis Parlementer. Majelis parlementer mulai tahun 1962 diganti nama menjadi Parlemen Eropa dan memiliki 142 anggota.

1973

Bergabungnya Denmark, Inggris dan Irlandia menambah keanggotaan Organisasi Masyarakat Eropa dari enam menjadi sembilan negara.

1979

Pemilihan anggota Parlemen Eropa secara langsung.

1981

Perluasan wilayah Masyarakat Eropa. Kali ini ke arah selatan dengan menjadikan negara Yunani sebagai anggota.

1986

Adanya kesepakatan yang dituangkan dalam Akta Eropa merupakan dasar bagi terbentuknya Pasaran Internal dan langkah awal Kerja Sama Politik Eropa. Setelah sebelumnya negara Yunani, Masyarakat Eropa semakin gencar memperluas jaringannya dengan menarik masuk dua negara lainnya, yaitu Portugal dan Spanyol.

1992

Perjanjian Maastricht pada tahun 1992 ini resmi menjadi titik didirikannya organisasi Uni Eropa (UE). Sejak saat itu, ”Sistem Uni“ ini juga mencakup kerja sama antarpemerintah negara anggota di bidang ”Politik Luar Negeri dan Politik Keamanan Bersama“ dan di bidang ”Kehakiman dan Urusan Dalam Negeri“.

1995

Bergabungnya Austria, Finlandia dan Swedia menambah keanggotaan Uni Eropa sehingga keseluruhan menjadi 15 negara.

1999

Peresmian pemakaian mata uang bersama bagi negara-negara Uni Eropa yang diberi nama Euro. Mata uang ini menjadi uang giral yang resmi digunakan di sebanyak sebelas negara anggota. Pada awal tahun 2002 mata uang Euro diedarkan juga sebagai alat pembayaran tunai. Di tahun yang sama di bulan Mei diberlakukannya Perjanjian Amsterdam. Menurut perjanjian ini, Parlemen Eropa memiliki kewenangan yang sangat besar.

2001

Perjanjian Nice (Perancis) mengisyaratkan pada Uni Eropa untuk mempersiapkan diri menerima 10 negara anggota lagi. Di samping itu, perjanjian ini juga menetapkan aturan baru bagi organ-organ Uni Eropa beserta cara kerjanya.

2003

Disepakati rancangan perjanjian mengenai konstitusi demi Masa Depan Eropa.

2004

Uni Eropa melebarkan sayapnya ke arah timur Eropa. Hal ini ditandai dengan penerimaan beberapa negara Eropa timur menjadi anggota baru Uni Eropa pada tanggal 1 Mei 2004, yaitu: Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Polandia, Slovakia, Slovenia, Malta dan Siprus. Dengan demikian penduduk Eropa kini mencapai 450 juta penduduk. Kekuatan ekonominya bernilai 10,7 ribu miliar Euro. Hal ini menempatkan Uni Eropa menjadi pasar internal terbesar di dunia. Selanjutnya, pada tanggal 29 Oktober 2004 ditandatangani kesepakatan mengenai konstitusi untuk Eropa di Roma oleh para kepala negara dan kepala pemerintah masing-masing negara.

2005

Uni Eropa memulai perundingan mengenai penerimaan negara Turki dan Kroasia sebagai anggota Uni Eropa yang baru.

2007

Pada tanggal 1 Januari 2007 dua negara, yaitu Bulgaria dan Rumania resmi diterima menjadi anggota baru Uni Eropa. Sehingga dengan demikian, Uni Eropa mulai tahun 2007 ini telah beranggotakan 27 negara. Di tahun ini pula para pimpinan negara masing-masing negara menandatangani Perjanjian Lisboa yang menggantikan rancangan konstitusi Uni Eropa yang gagal.

2009

Mulai diberlakukannya hasil dari Perjanjian Lisboa. Uni Eropa dijanjikan akan lebih demokratis, lebih efisien dan lebih transparan.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s