WISATA KULINER KOTA REOG

Veröffentlicht: Oktober 21, 2012 in Indonesia

Oleh: Qoriatul Azizah

(Mahasiswi Sastra jerman Univ. Negeri Malang)

 

Wisata kuliner merupakan suatu hal yang mengesankan, menyenangkan, dan dapat mengetahui jenis dan macam makanan khas daerah yang dikunjungi. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Wisata Kuliner di daerah Ponorogo. Siapa pun yang berkunjung ke Ponorogo, pasti tahu bahkan pernah menikmati sate. Sate adalah salah satu makanan yang diandalkan, banyak pelanggan dan juga pembelinya. Bahkan di kota Ponorogo ada 1 gang yang dipadati oleh penjual sate ayam semua, sampai-sampai gang itu dinamai gang Sate. Banyak variasi sate ayam yang beredar di Ponorogo dan mengklaim dirinya sebagai sate ayam ponorogo. Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah sate Ponorogo ala pak Tukri. Beliau adalah pelopor sate Ponorogo. Warung Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun tersebut terletak di Jl. Lawu gang 1 no. 43 k.

Sate ayam ponorogo H Tukri Sobikun memang sudah terkenal. Para artis-artis juga kerap melakukan shooting di rumah beliau. Penyanyi-penyanyi juga sering mampir ketika melakukan pentas di sana. Salah satu diantara mereka adalah Uya Kuya, Cinta Kuya, dan Ahmad Dani Dewa.   Bahkan pada tanggal 31 Maret 2010, Presiden Indonesia Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ani Bambang Yudhoyono, dan beberapa menterinya pernah mengunjungi dan menikmati sate H. Tukri Sobikun ini.

Sate ayam Pak Tukri ini rasanya gurih dan manis. Potongan dagingnya besar-besar, dan bebas lemak. Setiap irisan dipotong memanjang, dan inilah yang membedakan sate Ponorogo dengan daerah lain. Di sana tidak cuma menyajikan bagian daging ayam saja, biasanya menyediakan kulit ayam, jeroan, dan telur. Sebelum dibakar, daging ayam ini dibumbui lebih dulu. Dan selama proses pembakaran, sate ayam ini dicelupkan dalam larutan gula merah dan kecap berulang-ulang kali sehingga rasanya meresap.

Hebatnya lagi, pak Tukri tidak pelit ilmu. Siapa saja yang mau belajar membuat sate ayam sangat diterima di rumahnya. Di rumah itu semua seluk-beluk sate ayam terbuka lebar dan siap dipelajari, difahami dan di praktekkan untuk orang-orang yang ingin belajar. Tidak ada bumbu rahasia yang disimpan pak Tukri seorang diri. Resep dan cara pembuatannya adalah:

Resep bumbunya:

  • 200 gr Bawang merah
  • 200 gr Bawang putih
  • 100 gr kemiri
  • 100 gr lengkuas
  • 1 kg garam
  • 150 gr ketumbar, dan
  • 1 sdm jintan.

Cara membuat:

  1. Semua bahan kecuali garam digiling jadi 1.
  2. Setelah halus baru tambahkan garam.
  3. Campur 1 bagian bumbu sate dengan 2 bagian (atau 3 bagian) gula merah yg sudah digiling/sudah cair.
  4. Balurkan semua bumbu pada daging ayam yang sudah diiris dan dipotong.
  5. Tusuk daging ayam dengan lidi atau tusuk sate.
  6. Daging ayam siap dibakar.
  7. Pertama, bakar setengah matang, kemudian celup ke dalam larutan gula merah, bakar lagi.
  8. Ulangi sampai proses mencelup ke larutan gula merah 3 kali dan bakar hingga matang.

Hmmm,…sangat nikmat dan bikin ketagihan saja. Jadi ingin sekali berkunjung ke Pak Tukri lagi untuk melahap dan menikmati sate beliau.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s