WISATA ALAM TELAGA SARANGAN

Veröffentlicht: Oktober 21, 2012 in Indonesia

Oleh: Mentari Ayu Diana Putri

(Mahasiswi Sastra Jerman Univ. Negeri Malang)

Anda bingung ingin berlibur kemana dan dimana? Jangan khawatir, telaga sarangan lah jawabannya. Tempat ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin merasakan suasana alam yang eksotis, siapa saja yang ingin melepas penat karena sibuk bekerja atau bersekolah, dan bagi siapa saja yang ingin refreshing. Telaga Sarangan dikenal pula sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius. Air telaganya bersumber dari aliran sungai dari puncak gunung. Di tengah telaga terdapat pulau kecil  yang penuh dengan pepohonan. Telaga ini mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan merupakan obyek wisata andalan Magetan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, mengendarai kapal cepat, menyewa perahu dan becak air untuk menjeljahi telaga ini. Ada 51 perahu motor dan 13 becak air yang dapat digunakan. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, villa, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman. Untuk menikmati wisata telaga, pungunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Sedangkan untuk tarif berkuda, pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar 20-50 ribu saja dan untuk perahu motor cukup membayar 150-200 ribu untuk 4 orang. Tidak hanya itu saja, terdapat pemandangan indah yang dipancarkan oleh perkebunan sayur di sekitar telaga. Pengunjung juga bisa hiking ke air terjun yang jaraknya sekitar 3 km dari telaga sarangan.

Keberadaan 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai souvenir atau cindera mata telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh untuk sanak saudara. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci.

Magetan juga tertolong dengan adanya potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk souvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi). Produk tersebutlah yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh- oleh.

Selain itu ada kegiatan tahunan penting yang diselenggarakan di Telaga Sarangan ini, diantaranya labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Untuk transportasi, Anda bisa mengguunakan bus antar propinsi. Jika Anda berlokasi di Malang, naiklah bus jurusan Surabaya dari Terminal Arjosari dan jika dari terminal Landungsari, Malang, ambillah jurusan Jombang. Dari Surabaya atau dari Jombang, naiklah bus jurusan Yogyakarta dan jika sudah memasuki kota Magetan, turunlah di Terminal Mospati. Perjalanan masih belum selesai. Untuk menuju Telaga Sarangan, Anda hanya bisa menyewa mobil karena tidak ada angkot untuk akses ke tempat tersebut. Datanglah ke Telaga Sarangan, Anda akan mendapatkan suasana alam yang benar- benar alamiah. Dijamin!

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s