KEBUN TEH WONOSARI

Veröffentlicht: Oktober 21, 2012 in Indonesia

Oleh:

Dini Ariati Prihastuti

(Mahasiswi Sastra jerman Univ. Negeri Malang)

 

Lokasi Wisata kebun teh Agro Wonosari terletak di lereng gunung Arjuna, sekitar 6 kilometer dari Lawang, Kabupaten Malang, atau 30 km utara kota Malang (perjalanan ditempuh sekitar 45 menit) dan 80 kilometer dari Surabaya (perjalanan sekitar 2 jam). Tepatnya berada di antara perbatasan dua desa, yaitu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perkebunan yang berada di ketinggian 950-1.250 dpl ini memiliki temperatur 19-26 derajat celcius. Kebun teh ini memiliki luas 1.144,31 hektar dengan kekayaan potensi dan fasilitasnya.

Objek wisata yang satu ini termasuk tempat yang nyaman untuk dikunjungi dengan kondisi iklim yang sejuk dan pemandangan alam yang alami. Di tempat ini, pengunjung bisa memperoleh beberapa pengalaman wisata dan pengetahuan.Pengunjung akan diberikan kesempatan untuk menikmati pesona alam kebun teh, menghirup udara segar sambil berjalan-jalan melihat para pemetik teh bekerja, dan mempelajari bagaimana pucuk-pucuk teh diolah hingga siap dikonsumsi. Selain itu perkebunan ini juga telah diperlengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi, menginap atau berolah raga.

Untuk anak-anak, Kebun Teh Wonosari  menyediakan beberapa fasilitas lain. Fasilitas tersebut, seperti taman bermain, kereta mini, serta kebun binatang mini. Di lokasi ini juga terdapat kolam renang, toko swalayan, outbond, penginapan (homestay), olahraga berkuda, jalur sepeda sehat, lapangan sepakbola, voli, tenis, dan jalur pendakian ke Arjuna. Sejak hari Jum’at Tgl.29 Pebruari 2008 di Wisata Agro Wonosari telah tersedia jaringan internet nirkabel (WiFi), Hot Spot Area tersebar di kawasan : Aula Java Cocoa, Restauran, Lapangan Tenis, Playground, Wisma Camelia, Wisma Coffee, Aula Santoon, Area Parkir,Lapangan Bola dan sekitar Pabrik. Fasilitas ini untuk kemudahan wisatawan dalam melakukan akses internet sambil berwisata. Salah satu upaya meningkatkan okupansi kunjungan tamu pada WeekDay melalui kegiatan/acara : Outbond, Paket Meeting, Tour Kebun & Tour Pabrik. Selama masa promosi ini fasilitas free akses internet diharapkan mampu menunjang kebutuhan wisatawan. Saat ini di Wonosari wisatawan bisa mencoba motor ATV dengan kisaran tarip Rp.10.000,- sd Rp.20.000,-.

Biaya masuk Agrowisata Kebun Teh Wonosari cukup bersahabat dengan kantong, hanya dibedakan berdasarkan hari biasa dan libur. Pada hari biasa (Senin-Sabtu) pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp10.000,00 per orang. Pada hari libur akan dikenakan biaya Rp13.000,00 per orang (harga yang terlampir, didapat terakhir pada Februari 2008).

Kommentare
  1. Harry sagt:

    Indah memang untuk menyendiri, melepas penat dari rutinitas sehari hari

    Danke.

  2. iwa sobara sagt:

    Betul sekali🙂

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s