Annyeong Korea

Veröffentlicht: Oktober 21, 2012 in Ekskursi

Oleh: Olivya Marantika

(Mahasiswi Sastra Jerman Univ. Negeri Malang)

 

Buku “Annyeong Korea” ini berisi tentang catatan petualangan mahasiswa asal Indonesia di negeri ginseng Korea. Elvira Fidelia Tanjung adalah seorang mahasiswa lulusan sarjana teknik asal Bandung yang mendapat beasiswa S2 di salah satu Universitas di Korea Selatan. Dan selama berada di Korea, Elvira tidak hanya mengenyam pendidikan tetapi juga berkesempatan untuk jalan-jalan gratis mengenal Korea Selatan lebih jauh.

Pengalaman pertama Elvira dimulai sejak pertama kali menginjakkan kakinya di tanah Korea, tepatnya di bandara Incheon. Elvira dibuat takjub oleh kemegahan bandara kebanggaan masyarakat Korea tersebut. Dari bandara Elvira langsung menuju ke kampus tempatnya akan menimba ilmu yaitu di Kyung Hee University. Kyung Hee University merupakan salah satu universitas terkenal di Korea. Selama menuntut ilmu di Korea, Elvira bisa juga berkesempatan jalan-jalan gratis. Salah satunya jalan-jalan di Pulau Jeju. Pulau Jeju merupakan pulau Dewata versi Korea yang menjadi sumber devisa negara. Tujuan utama Elvira ke Pulau Jeju adalah sebagai salah satu wakil Indonesia yang tampil di acara “Jeju World Culture & Travel Expo”. Selama di acara tersebut  selain menampilkan tarian Indonesia di hadapan negara-negara ASEAN, Elvira juga berkesempatan bertemu langsung dengan Pak SBY.

Salah satu daya tarik wisata di Korea Selatan lainnya adalah Namsan Tower di Seoul. Tower tersebut sangat terkenal di Korea, terutama bagi para pasangan kekasih. Selain dapat melihat keindahan kota Seoul di atas ketinggian, pengunjung juga bisa mengunjungi kebun gembok. Di kebun tersebut terdapat ribuan gembok yang dipasang memenuhi pagar kawat. Para pemasang gembok berharap setelah gembok dikuncikan, hubungan mereka dengan kekasih juga akan terkunci selamanya.

Selama membaca buku ini, pembaca akan tahu lebih banyak tentang Korea Selatan. Penulis menceritakan keindahan pariwisata-pariwisata di Korea dengan lebih mendetail, sehingga membuat pembaca ingin menikmati keindahan Korea secara langsung. Selain itu pemerintah Korea juga sangat pintar mengatur dan merawat tempat-tempat pariwisata di Korea , sehingga menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan luar negeri. Fasilitas transportasi yang mudah dan nyaman juga menjadi nilai tambah bagi kemajuan wisata di Korea Selatan. Alangkah baiknya juga kalau Indonesia seperti Korea Selatan, lebih memperhatikan tempat-tempat wisata yang bisa menjadi peluang bagi pemasukan devisa negara.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s