Penutur Bahasa Jerman

Veröffentlicht: Februar 19, 2012 in Deutschunterricht

Bahasa Jerman adalah bahasa ibu bagi sekitar 102 juta orang di seluruh dunia. Di Uni Eropa sendiri,  Bahasa Jerman merupakan bahasa yang memiliki penutur paling banyak, yaitu 90 juta orang. Kemudian setelah itu diikuti oleh Bahasa Perancis, yaitu sekitar 62 juta penutur dan Bahasa Inggris dengan 58 juta penutur. Akan tetapi, jika kita menambahkan pembelajar bahasa asing (L2) ke dalamnya, maka penutur Bahasa Inggris akan berjumlah sekitar 51%, setelah itu diikuti oleh Bahasa Jerman (32%) dan Bahasa Perancis (26%).

Bahasa Jerman adalah bahasa resmi yang digunakan di negara Jerman, Austria dan di Swiss (di samping Bahasa Perancis, Italia dan Retoromania). Di negara Swiss yang tidak termasuk negara Uni Eropa terdapat sekitar 4,9 juta orang berbahasa Jerman. Jumlah tersebut sekitar 63,7% dari total keseluruhan populasi negara Swiss. Selain itu, Bahasa Jerman juga menjadi bahasa resmi di Keharyapatihan Liechtenstein dengan jumlah penutur sebanyak 22.000 orang dan di negara Luxemburg (di samping Bahasa Jerman, Perancis dan Luxemburg) dengan jumlah penutur sebanyak 372 000 orang.

Bahasa Jerman juga memiliki status sebagai bahasa resmi di Südtirol (salah satu daerah di negara Italia) dengan jumlah penutur sebanyak 280.000 orang. Selain itu, Bahasa Jerman juga memiliki status resmi di bagian timur negara Belgia dengan jumlah pembicara sebanyak 66.000 orang. Adapun di Alsace-Lorraine yaitu sebuah daerah di bagian timur Perancis, Bahasa Jerman memiliki status khusus dengan 1,5 juta penutur dan di selatan Denmark atau di sebelah utara negara bagian Jerman, Schleswig, dengan jumlah penutur sekitar 30.000 orang.

Di luar daratan Eropa penutur Bahasa Jerman juga dapat kita temukan, seperti: di Amerika Serikat (1,61 juta), negara-negara pecahan Uni Sovyet (sampai sekitar tahun 1989 berjumlah 1.104.000), di Brasil (0.5-1,5 juta), Kanada (0,439 juta), Argentina (0,3 juta), Hongaria (0,22 juta), Rumania (hingga tahun 1989 masih berjumlah 0,2 – 0,22 juta), Paraguay (0,125 juta), Australia (0,109 juta) dan di berbagai negara lainnya dengan jumlah yang lebih kecil sebagai bahasa minoritas.

Para imigran Jerman yang datang ke benua Amerika dan Australia antara tahun 1933-1945 memberikan kontribusi yang cukup besar bagi populasi penutur bahasa Jerman di negara-negara tersebut. Hal tersebut terjadi karena pada masa itu banyak sekali orang-orang Jerman beragama Yahudi yang kabur dari negara Jerman guna menghindari kediktatoran Nazi. Di daerah-daerah tertentu di Amerika Latin atau di negara bekas Uni Sovyet, hingga kini masih bisa kita dapatkan bentuk dialek Bahasa Jerman.

Dari 82,4 juta jumlah keseluruhan penduduk Jerman, ada sekitar 15,1 juta orang yang memiliki latar belakang imigran. Jumlah tersebut setara dengan 18,4% jumlah keseluruhan penduduk Jerman. Bagi para imigran ini Bahasa Jerman adalah bahasa kedua setelah bahasa ibu mereka masing-masing. Merka yang termasuk ke dalam kelompok imigran ini adalah:

• para pendatang asing,
• orang asing yang lahir di Jerman,
• pendatang yang telah dinaturalisasi,
• para pengungsi dari luar negeri,
• anak-anak dari generasi kedua atau ketiga, yang salah satu orang tuanya adalah orang asing.

(Sumber: Pusat Statistik Jerman, 2009)

Lebih dari setengahnya dari kaum imigran ini telah mengantongi paspor negara Jerman. 3,5 juta di antaranya adalah imigran dari Eropa Timur yang sudah memasuki negara Jerman semenjak tahun 1950.
59,5% orang yang memiliki latar belakang imigran tersebut berasal dari benua Eropa dengan jumlah prosentase sebagai berikut:

• Turki (14,2%)
• Rusia (8,4%)
• Polandia (6,9%)
• Italia (4,1%)
• Serbia dan Montenegro (3,4%)
• Kazakhstan (3,3%)
• Rumania (3,0%)
• Kroasia (2,5%)
• Bosnia & Herzegovina (2,2%)
• Yunani (2,2%)
• Ukraina (1,9%)

(Sumber: Pusat Statistik Jerman, 2008)

Kommentare
  1. Anonymous sagt:

    OKE OKE… SANGAT MENGGUGAH UNTUK MULAI BELAJAR GERMAN LAGI… DANKE VIEL MAL

  2. iwa sobara sagt:

    menggugah, ya?😉

  3. yakub sagt:

    Ich finde Deutsch interessant.

  4. iwa sobara sagt:

    Ja, echt interessant.

  5. Anonymous sagt:

    msih bahasa prancis yg lebih banyak penuturnya….

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s