Entschuldigung, Frau!

Veröffentlicht: Januar 27, 2012 in Lain-lain

Belakangan ini saya sering mendengarkan kata-kata tersebut terucap dari para mahasiswa saya di kampus. Saya menjadi teringat ketika sibuk menyelesaikan master tesis saya. Saya harus membuat transkrip jawaban dari responden penelitian saya yang ditulis dalam Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jerman. Penelitian saya waktu itu mengambil tema tindak tutur dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Jerman dan Indonesia. Beberapa jawaban yang cukup aneh ketika saya menerjemahkannya, seperti: “Maaf, bu. Saya kemarin tidak bisa datang karena saya sakit” (Entschuldigung, Frau… Gestern konnte ich nicht kommen, weil ich krank war). Bagi orang berbahasa Jerman atau yang mengerti Bahasa Jerman ucapan tersebut terasa janggal, karena berbeda seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Prancis ataupun bahasa lainnya, biasanya dalam Bahasa Jerman setelah panggilan „Frau“ diikuti oleh nama keluarga atau nama belakang. Oleh karenanya, saya buatkan terjemahan jawaban dari responden tersebut menjadi „Entschuldigung, Frau (X)! Gestern konnte ich nicht kommen, weil ich krank war.“

Telinga saya rasanya masih belum terbiasa ketika kolega perempuan di kantor dipanggil dengan hanya panggilan „Frau“ saja. Atau pernah sekali waktu ada mahasiswa saya juga yang memanggil saya „Herr“ saja. Saya bilang pada mahasiswa tersebut, bahwa nama saya bukan Herri (Beliau adalah salah satu kolega di kantor juga), atau Herrmann (Saya tidak tahu siapa itu)😉

Entschuldigung Frau und Herr! Mungkin lebih baik jika kita tidak pelit memanggil orang yang kita ajak bicara tersebut lengkap dengan namanya juga.

Danke, Frau! Danke, Herr!

Kommentare
  1. Barita sagt:

    atau Entschuldigung Herr Iwa…?

  2. iwa sobara sagt:

    gemischt😉

  3. reisyareisya sagt:

    iya, 4 tahun yang lalu pernah nih ngalamin yang begini. subyeknya bukan pebelajar bahasa jerman sih, tapi obyeknya dosen saya. sebenernya mau ngomong tapi ntar dikira gimana. dosen saya juga ga ambil pusing. ya udah saya diem aja.😀

  4. iwa sobara sagt:

    aduh aduh aduh, bagaimana ini?

Schreibe einen Kommentar

