Jadi Bule di Eropa

Veröffentlicht: Juni 8, 2011 in Lain-lain

„Hello Mister!“, perkataan itu pasti sudah sangat tidak asing lagi bagi turis asing yang sedang berwisata di Indonesia. Tidak masalah apakah mereka laki-laki atau perempuan, bagi anak-anak bule selalu diidentikan dengan sebutan „Mister“.

Hal yang sama ternyata saya rasakan pula ketika tidak berada di tanah air. Suatu kali, saya melakukan jalan-jalan di sebuah kota berbahasa Perancis di Montreux saat musim dingin. Dengan memakai mantel dan pakaian musim dingin lengkap dengan tutup kepala, saya mengunjungi sebuah pasar natal di kota tersebut. Pasar natal selalu diselenggarakan setiap tahun. Kota Montreux terkenal dengan pasar natalnya di seantero Swiss ini. Tidak ingin melewatkan momen bagus seperti ini, saya di sana mengambil gambar dengan kamera saya. Tiba-tiba datang beberapa anak ABG menyapa saya dan berkata „Konnichiwa!“ Spontan saya pun menjawab sapaan anak-anak yang terlihat malu-malu tersebut dengan jawaban yang sama. Mereka menyangka saya berasal dari Jepang.

Di saat berbeda, ketika saya menghabiskan waktu di kota Wina, Austria, di malam tahun baru, seorang pria setengah baya bertanya pada saya „Sind Sie aus der Mongolei?“ (Apakah Anda berasal dari Mongolia?). Mendengar pertanyaan tersebut, saya tentunya sangat terkejut dan merasa aneh. Apakah memang tampang saya ini seperti orang Mongolia?

Namun, kejadian menarik yang paling berkesan adalah ketika saya berada di sebuah kota yang sangat kecil bertiga dengan satu teman dari Indonesia dan Perancis. Di sebuah stasiun bernama St. Leonard, ada sebuah kelompok anak remaja yang sedang bersenda gurau di sana. Hari itu kebetulan bertepatan dengan hari libur sekolah. Dari kejauhan anak-anak tersebut memperhatikan kami dengan cukup serius. Pada saat kami mendekati mereka, tiba-tiba salah satu dari mereka menyapa kami menggunakan Bahasa Perancis „Bonjour!“ Kami yang hendak melihat jadwal kereta api menjawab salam mereka tersebut. „Celaka!“, ucap teman kami Alex dari Perancis yang fasih berbahasa Indonesia. Ia sering ke Indonesia untuk menghabiskan waktu liburannya. Kereta yang hendak kami tumpangi telah pergi beberapa saat yang lalu dari stasiun ini. Kami terpaksa harus menunggu kereta berikutnya selama 40 menit. Awalnya kami putuskan untuk berjalan kaki menuju stasiun berikutnya. Namun, atas saran dari Fabio, salah seorang anak dari kelompok tersebut, kami mengurungkan niat kami tersebut. Menurutnya, percuma kami berjalan hingga stasiun berikutnya.

Kumpulan anak-anak tersebut sangat ramah. Ia bertanya kami berasal dari mana dan apa yang kami lakukan di Swiss. Fabio, anak yang memiliki tubuh lebih kecil dari teman-temannya dan berparas mirip Justin Bieber ini terlihat cukup dominan di antara mereka. Ia mengaku, bahwa orangtuanya berasal dari Italia. Ia bisa bicara berbagai bahasa, seperti: Perancis, Spanyol, Italia, dan Inggris. Tiba-tiba ia membawa bola dan mengajak kami bermain bola sambil menunggu kereta kami. Ia memperlihatkan atraksi bermain bolanya yang cukup bagus. Bahkan ia mengajari Alex untuk dapat melakukan hal yang sama.

Satu persatu teman-temannya yang kebanyakan adalah perempuan mendekati kami dan mengajak berbicara dalam bahasa Perancis. Mereka terlihat sangat antusias sekali berbicara dengan kami. Kami benar-benar dikelilingi dan disodori berbagai pertanyaan. Suasana yang tidak pernah saya temui di kota-kota besar. Waktu 40 menit pun akhirnya tak terasa. Saat kami harus pergi serempak mereka pun mengantarkan kami ke jalur di seberang. Mereka menunggu hingga kereta kami meninggalkan stasiun.

"Hello Mister!" mereka menyapa kami.

Kommentare
  1. monda sagt:

    sama saja ternyata ya di mana2 wajah baru selalu menarik perhatian

  2. iwa sobara sagt:

    betul, Monda😉

  3. Anonymous sagt:

    wah… kayak selebritis, ada yang minta tanda tangan juga gak….?

  4. iwa sobara sagt:

    cuma foto bareng aja🙂

Schreibe einen Kommentar

