Automobil-Salon

Veröffentlicht: März 5, 2011 in Schwiiz Info

Ku pernah punya mobil balap sendiri

Yang bisa ngebut di jalanan tiap hari

Ku tidak pernah merasakan kesepian

Tak ada gadis yang menolak diantarkan

Asoy geboy ngebut di jalanan ibukota

Dipayungi lampu kota di sekitar kita

Sepenggal lirik lagu dari kelompok band ibukota tersebut masih belum hilang diingatan saya. Terlebih ketika hari ini saya mengunjungi sebuah pameran mobil internasional terbesar di Swiss ini. Tahun ini « Automobil-Salon », begitu nama pameran mobil tersebut, telah menginjak usianya yang ke-81. Pameran yang selalu diselenggarakan setiap awal bulan Maret ini berlokasi di area Palexpo, di kota Jenewa, Swiss.

Menurut sejarah, pameran ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1905. Kala itu pameran hanya bersifat nasional. Oleh karenanya, pameran yang ketika itu diselenggarakan di Boulevard Georges-Favon masih bernama « Pameran Nasional Mobil dan Sepeda ». Demikian kira-kira dalam Bahasa Indonesia. Sejak saat itulah pameran yang diikuti oleh berbagai produsen mobil ini secara kontinyu diadakan. Baru pada tahun 1982, lokasi pameran dipindahkan ke komplex Palexpo. Area yang memiliki luas 102.000 meter persegi ini cukup representatif untuk ajang pameran sekelas internasional « Auto Mobil Salon ». Jumlah pengunjung setiap tahun pun berkisar enam ratus ribu hingga tujuh ratus ribu pengunjung. Jumlah yang cukup fantastis. Pada awal tahun ini, pameran diselenggarakan mulai tanggal 3 Maret hingga 13 Maret mendatang.

Dengan tiket masuk seharga 16 Swiss Franc (sekitar Rp 102.000,-) atau 8 Swiss Franc (sekitar Rp 76.000,-) setelah di atas jam 16.00, pengunjung sudah dapat menikmati semua kendaraan yang dipamerkan. Tidak hanya melihat, tapi juga dapat merasakan kenyamanan mobil saat dikendarai dengan mencobanya. Berbagai jenis kendaraan yang bisa kita lihat di sini adalah seperti kendaraan beroda 3 atau 4, mobil bertenaga listrik atau alternatif lainnya, Aksesoris Mobil, Mobil Angkutan Barang, dan lain-lain.

Produsen mobil beroda 3 atau 4 yang memamerkan barangnya antara lain adalah Fiat, BMW, Chevrolet, Citroën, Jaguar, dsb. Sementara itu, mobil bertenaga listrik atau energi alternatif lain yang dapat kita kunjungi di antaranya adalah KIA, Lexus, Nissan, opel, dan lain-lain. Tentunya pilihan tersebut menambah referensi pengunjung. Pameran terasa semakin menarik ketika produsen tidak hanya memamerkan mobilnya yang menawan, tapi para pengunjung juga diberi informasi oleh Sales Promotion Girls yang cantik.

Menarik, berteknologi mutakhir ataupun inovatif bukanlah kategori yang harus dimiliki oleh sutu kendaraan. Akan tetapi, yang diharapkan pada pameran ini yang terpenting adalah kendaran tersebut ramah lingkungan. Di Hall 6 misalnya, kita dapat menemukan sekitar 12 kendaraan berbahan bakar alternatif. Di antaranya adalah Chevrolet, Mercedes, Mitsubishi, Nissan, Renault, Tata, Think mit M-Way dan Smart.

Jadi, jika Anda berminat untuk memiliki mobil keluaran terbaru, segeralah kunjungi “Automobil- Salon” ini!

(Juga bisa dibaca di http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/03/06/pameran-mobil-internasional/)

Kommentare
  1. mobil gak mau kalah sama manusia ya?

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s