Berlin Study Tour

Veröffentlicht: Juni 29, 2010 in Ekskursi

Salah satu matakuliah pada semester ini bernama „Berlin- die Stadt als Text“. Dari nama serta definisi matakuliahnya aku sudah sangat tertarik. Maka, aku putuskan untuk mengambilnya sebagai salah satu matakuliah di semester ini. Pertemuan tatap muka di kelas dengan professor ternyata hanya sebanyak tiga kali dari seharusnya 14 kali pertemuan keseluruhan. Itu dikarenakan pada akhir semester nanti, kami akan melakukan kunjungan ke kota Berlin. Di tanah air kegiatan semacam ini biasa disebut dengan istilah keren pinjaman dari bahasa Inggris „study tour“. Apabila dikomposisikan maka lebih banyak „tour“ nya dibandingkan „study“ nya.

Pertemuan sebanyak tiga kali tersebut digunakan profesor untuk membahas segala sesuatu hal yang akan kami lakukan selama kegiatan. Matakuliah ini dibimbing oleh dua orang profesor yang berasal dari Jerman. Salah satunya adalah Presiden Germanistik Internasional. Beliau sangat baik sekali. Selalu membantu mahasiswa terutama mahasiswa asing yang mengalami kesulitan dalam studi atau hal non-akademik lainnya. Sebagai orang yang sangat penting di bidang Germanistik, beliau selalu tidak pernah ada di tempat. Dalam sebulan bisa jadi beberapa hari beliau habiskan waktunya di Shanghai, di Moskow, Kairo dan hanya beberapa hari di kota Bern. Itu tiada lain untuk urusan pekerjaan.

Diese Diashow benötigt JavaScript.

Keseluruhan sebanyak 20 mahasiswa  yang mengikuti perkuliahan ini. Karena kesibukan kedua profesor kami tersebut, maka salah satu teman kami menjadi kepanjangan tangan dari mereka. Mulai dari transportasi, hotel, restoran, dan semua yang nantinya kami perlukan ia yang mengatur.

Masing-masing mahasiswa mendapatkan tema untuk dipresentasikan di tempat yang akan kami kunjungi. Aku kebagian tema „Jenny Holzer“. Ia adalah seorang seniwati Amerika yang membuat karya di salah satu bagian Bundesreichstag atau gedung DPR Jerman di Berlin. Maka pertemuan-pertemuan kosong di minggu berikutnya kami gunakan untuk mencari buku atau informasi mengenai tema presentasi kami tersebut.

Selama masa persiapan tersebut, kami terbiasa berkorespondensi dengan asisten profesor melalui surat elektronik. Kami memang terbiasa menginformasikan segala hal tentang kampus melalui e-Mail, termasuk konsultasi antara mahasiswa dengan dosen sekalipun.

Minggu terakhir di bulan Juni ini, perkuliahan memang telah berakhir. Namun, kami mahasiswa masih disibukkan dengan tulisan makalah masing-masing. Semua berkeinginan agar makalah sudah bisa diselesaikan sebelum pergi berangkat liburan. Mahasiswa di sini memang sangat disiplin. Mereka tahu waktu antara kapan harus belajar, bekerja, dan bersenang-senang. Maka tidaklah heran jika masuk ke perpustakaan, masih saja banyak mahasiswa yang bekerja untuk tugasnya meskipun perkuliahan sudah libur.

Pihak fakultas memberikan bantuan dana kurang lebih 30% dari biaya keseluruhan study tour untuk masing-masing mahasiswa.  Tidak kurang dari CHF 300 yang kami perlukan untuk perjalanan studi wisata ini. Maka, subsidi tersebut tentunya sangat membantu mahasiswa. Dan ekskursi pun dimulai.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s