So Sweetzerland

Veröffentlicht: Juni 10, 2010 in Schwiiz Info

Bagi kebanyakan orang, negara Swiss terkenal dengan pegunungan Alpen, cokelat, keju, dan jam tangan. Bagaimana pendapat orang Jerman sebagai negara tetangganya?

Stereotip tersebut memang sangat melekat bagi sebuah bangsa yang berada di daratan Eropa ini. Simaklah beberapa pendapat kebanyakan orang Jerman tentang negara tetangganya pada video ini:

http://www.prosieben.ch/tv/galileo/videos/clip/23685-der-vorurteilscheck-schweiz-1.1722542/

1. Cokelat dan Keju

Bagi kebanyakan orang Jerman, mereka menganggap orang-orang Swiss dalam kesehariannya hanya makan keju dan cokelat saja. Orang Swiss biasa menyebut kedua makanan tersebut Chäs und Schoggi. Apakah memang demikian? Pada tahun 2009 yang lalu, rata-rata orang Swiss mengkonsumsi keju sebanyak 22,7 kg per tahun. Sementara itu, konsumsi cokelat mencapai 11,7 kg per kepala dan itu merupakan suatu rekor dunia tersendiri. Adapun, sekitar 60% produksi cokelat Swiss setiap tahunnya diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia.

2. Orang Swiss kaya-kaya

Ini sedikit banyak ada hubungannya dengan negara Swiss yang menjadi negara tempat menyimpan uang bagi para konglomerat dunia. Pada tahun 1906, didirikan Bank Nasioal Swiss, yang hingga kini masih merupakan bank terbesar di dunia dengan total aset 4000 milliar Swiss Frank. Dari jumlah itu,  sekitar 134 milliar berasal dari negara tetangganya Jerman. Jika dilihat, memang jumlah orang kaya di Swiss terhitung banyak, meskipun tidak sedikit pula orang yang miskin.

3. Chuchichätschtli – Bahasa Jerman yang aneh

Cukup sulit untuk dapat mengucapkan kata tersebut. Chuchichätschtli di dalam Bahasa Jerman-Swiss adalah lemari dapur (Küchenschrank). Banyak orang Jerman yang ternyata tidak mengerti dialek Jerman-Swiss. Mayoritas penduduk Swiss memang berbahasa Jerman, di samping terdapat bahasa lainnya seperti Prancis dan Italia yang secara berdampingan merupakan bahasa yang digunakan baik itu sehari-hari ataupun di pemerintahan. Tetapi, tidaklah mudah untuk dapat memahami Bahasa Jerman yang digunakan di Swiss, untuk orang Jerman sekalipun.

4. Jam Tangan Eksklusif

Kualitas produk-produk jam tangan Swiss tidak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, keuntungan pada tahun 2009 dari hasil ekspor produk andalannya tersebut sekitar sembilan milliar Euro. Satu buah jam tangan bisa berharga hingga 231.000 malah 350.000 Euro (setara dengan Rp. 3,877,666,000,-)

5. Kepemilikan senjata

Banyak orang yang memiliki senjata di rumahnya. Hal ini berlatar belakang sejarah, karena pada saat Perang Dunia II semua orang diharapkan dapat menyelamatkan dirinya masing-masing dengan senjata tersebut. Oleh karenanya, hingga saat ini tiga dari empat orang Swiss masih memiliki senjata api di rumahnya, meskipun banyak yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Melihat jumlah tersebut, Swiss merupakan negara ketiga setelah Irak di muka bumi ini yang warga negaranya paling banyak memiliki senjata.

Apakah Anda juga memiliki pendapat yang sama?

Kommentare
  1. lurah zürich sagt:

    Wa,
    praduga orang jermannya gak beralasan untuk pendapat pertama, karena konsumsi keju di jerman 22,2kg/orang dan coklat beda tipis „cuma“ 11.4kg/orang…jd sami mawon mereka untuk topik 1.

    topik 3 itu jg apriori..orang jerman yg tinggal diselatan seperti dari suku baierisch,badisch dan schwabisch menggunakan ujaran dan kosa kata yang „hampir“ sama dan kalau mereka bertemu (swiss-schwabisch-baierisch) dan berbicara dlm dialek mereka ya kok nyambung.kebetulan aku punya kelompok teman yg sering ketemu dari suku itu…

  2. iwa sobara sagt:

    Pak Lurah Zürich yang saya hormati,

    betul memang beda tipis pak, konsumsi cokelat dan keju antara Jerman dan Swiss. Itupun saya tahu barusan dari bapak hehehe

    Tidak salah memang bagi orang-orang Jerman yang berasal dari bagian selatan, mereka besser verstehen dibandingkan dari bagian lainnya seperti dari utara atau dari negara Austria.

    Tapi menarik memang mendengar pendapat-pendapat orang Jerman tentang negara kita ini =)

    sonnige Grüsse

  3. Retno Candra sagt:

    Guten Tag Herr Iwa,
    Bagaimanakah cara membuat site ‚blog‘ seperti ini? danke

  4. iwa sobara sagt:

    Tag Retno!

    Bisa masuk ke http://www.wordpress.com
    terus registrasi dll.

    Selamat mencoba =)

  5. ratu sagt:

    hhmmmm,,, mantapp

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s