Negara-negara terbersih di dunia

Veröffentlicht: Mai 7, 2010 in Schwiiz Info

Baru-baru ini majalah ekonomi Amerika Serikat yang sangat terkenal di dunia „Forbes“ mengumumkan raport negara-negara terbersih di dunia. Peringkat ditentukan berdasarkan studi yang dilakukan oleh para pakar dari universitas Yale dan Columbia. Seluruhnya ada 163 negara yang menjadi obyek penelitian. Indonesia merupakan salah satu di dalamnya. Para ahli memberi nilai untuk faktor lingkungan atau yang disebut dengan istilah Enviromental Performance Index (EPI). Beberapa indikator yang ada di dalamnya dari 25 indikator secara keseluruhan adalah kualitas air, udara, tingkat emisi, kesehatan masyarakat, dan lain-lain.

Dari peringkat tersebut ternyata negara Islandia bertengger di posisi pertama, meski satu bulan yang lalu negara ini terganggu kebersihan lingkungannya oleh letusan gunung Eyjafjallajökull. Bahakan hingga saat ini kepulan asapnya masih juga terlihat dan mengarah ke bagian utara Eropa. Tapi secara keseluruhan negara kepulauan ini adalah negara terbersih di dunia. Pada posisi kedua negara Eropa lainnya, Swiss, menjadi negara terbersih berikutnya setelah Islandia. Tidaklah heran karena negara ini masih memiliki hutan yang sangat terjaga kelestariannya serta memiliki kualitas air terbaik di dunia. Posisi ketiga diduduki oleh negara berkembang di bagian selatan Amerika, Costa Rica. Alasannya adalah bahwa negara tersebut memiliki kebersihan air serta masih relativ sedikit menyumbangan pencemaran terhadap lingkungan yang diakibatkan oleh industrialisasi. Di samping itu, kekayaan flora serta fauna yang dimilikinya memberi dampak positiv terhadap akibat pencemaran lingkungan.

Sementara itu, negara adikuasa Amerika Serikat berada di posisi ke-61. Negara ini, meskipun telah berbuat banyak terhadap lingkungannya, masih dikatakan memberi subsidi yang besar terhadap kebersihan dunia dengan emisi karbon dari industri yang mereka miliki.

Berikut adalah peringat sepuluh besar:

  1. Islandia
  2. Swiss
  3. Costa Rica
  4. Swedia
  5. Norwegia
  6. Mauritius
  7. Prancis
  8. Austria
  9. Kuba
  10. Kolombia

Jerman harus puas di peringkat 17. Sementara negara kepulauan Republik Indonesia menempati posisi 134 dari 163 negara yang diteliti. Ini menjadi tugas kita semua untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan. Slogan serta hal berbau filosofis tidak membantu banyak jika tidak ada tindakan nyata dari semua kalangan. Barangkali dengan hasil yang dilaporkan majalah Forbes ini dapat menjadikan motivasi pemerintah serta warga untuk lebih hidup bersih lagi. Jangan sampai tahun mendatang Indonesia bisa menggantikan posisi negara Sierra Leone di peringkat terakhir, yang itu artinya menjadi negara paling kotor di planet bumi ini. Kita mungkin masih sering mendengar „Bersih itu sebagian dari iman“, jika demikian berarti sebagian iman kita telah hilang karena tidak menjaga kebersihan.

Sumber: http://epi.yale.edu/Countries

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s