Markas Besar PBB di Jenewa

Veröffentlicht: April 11, 2010 in Ekskursi

Sabtu hari pukul 08.34 kami meninggalkan stasiun kota Bern menuju ke kota Jenewa. Seperti biasanya para penerima beasiswa dari Pemerintah Swiss di Universitas Bern setiap dua bulan sekali selalu diajak jalan-jalan oleh pihak universitas. Kali ini kami akan mengunjungi gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berada di Jenewa. Perjalanan akan memakan waktu hampir dua jam dengan kereta. Namun, perjalanan selama itu di Swiss tidak akan terasa lelah, karena sistem transportasi yang nyaman membuat kita enjoy. Kereta yang kami tumpangi adalah Intercity (IC) dan akan melewati beberapa kota indah lainnya di Swiss, seperti Fribourg dan Lausanne.

Kami semuanya bersebelas orang. Itu merupakan anggota tetap yang selalu mengikuti program ini. Dari kereta di lantai dua kami bisa menikmati pemandangan sepanjang jalan menuju Jenewa. Pagi itu di daerah Lausanne kabut masih terlihat sangat tebal. Tapi dari kejauhan kami bisa melihat danau yang cukup indah di kota tersebut. Selain itu perkebunan anggur yang sangat luas dan juga perumahan penduduk di dataran tinggi bisa kami lihat di balik kabut.

Tur Gedung PBB

Pukul 11.40 setelah kami melalui sederetan prosedural keamanan gedung seperti halnya saat kita akan take off di bandara, seorang pemandu khusus tur mempersilahkan kami untuk mengikutinya. Pria ini berbicara Bahasa Inggris dengan sangat cepat. Tur memang akan dipandu dengan menggunakan Bahasa Inggris, mengingat kelompok kami adalah kelompok internasional.

Pertama-tama ia menjelaskan sejarah singkat berdirinya PBB yang awal mulanya bernama Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Pada tahun 1920, kota Jenewa dipilih menjadi tempat untuk dijadikan markas LBB. Gedung yang sangat megah ini dinamakan The Palais des Nations dan dibangun dalam kurun waktu antara 1929 hingga 1936.

UNOG

The United  Nations Office at Geneva (UNOG) adalah kantor pusat PBB yang terletak di Jenewa. Di gedung ini bekerja sekitar 3.600 staff serta diplomat dari 192 negara di dunia. UNOG penting artinya bagi kegiatan operasional PBB, khususnya di dalam bidang kemanusiaan.

Setiap minggu di sini pasti digelar meeting. Kami dibawa mengunjungi salah satu ruangan konferensi terbesar yang dapat menampung sekitar 1.800 peserta. Nama gedung ini adalah The Assembly Hall. Selain memasuki gedung tadi, kami juga mengunjungi ruangan lainnya tempat konferensi dilakukan. Di sana kita bisa melihat bagaimana anggota delegasi yang mewakili negara masing-masing mengikuti sebuah konferensi. Bahasa pengantar pada setiap konferensi adalah Inggris, Prancis, Arab, Cina, dan Spanyol. Itu artinya seorang delegasi dapat memilih salah satu bahasa tersebut pada tombol yang menempel pada kursi untuk headset. Setelah selesai tur, kami diberi waktu sebentar untuk berfoto pada tempat asal negara masing-masing.

Sepanjang tur ini, pemandu memberitahukan bahwa gedung ini banyak memiliki koleksi benda-benda seni hasil sumbangan dari berbagai negara. Sayangnya aku tidak menemukan benda seni tersebut dari Indonesia. Selain itu, banyak pula hal lainnya yang merupakan sumbangan dari negara-negara anggota PBB, seperti karpet dari negara Philipina, guci dari Jepang, lantai marmer dari Finlandia, pintu besar dari Swiss, dan masih banyak yang lainnya. Seorang pekerja seni asal Spanyol membuat salah satu gedung penuh dengan hasil karya lukisannya. Adapula gedung lainnya yang langit-langit ruangannya disulap seperti biota bawah laut seperti di Bunaken, Sulawesi Utara. Itu lagi-lagi adalah hasil karya seorang Spanyol.

Satu setengah jam kami dibawa melihat bagaimana gedung PBB yang megah ini. Aku tidak pernah membayangkan sebelumnya, bahwa kami akan mendapat impresi yang sangat baik seperti ini. Selepas tur, kami kemudian pergi makan siang bersama di tepi danau di kota Jenewa. Untuk dapat sampai ke sana kami menggunakan boot. Di tengah-tengah danau bisa kita lihat air mancur yang menyemburkan air sangat tinggi.

Kommentare

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s