Schaukäserei: Show room dan pabrik keju Emmental

Veröffentlicht: Dezember 20, 2009 in Ekskursi

Suatu ketika pada saat aku mengajar di sekolah menengah kejuruan di Bandung, aku diminta menjadi salah satu guru pendamping siswa-siswa sekolah tersebut untuk acara Bandung City Tour. Semua siswa jurusan pariwisata sekolah tersebut mengikuti kegiatan ini. Kami mengunjungi beberapa tempat wisata dan wirausaha di Bandung dan salah satunya adalah pabrik tempat pembuatan tahu yang sangat terkenal di Cibuntu. Di tempat tersebut, kami diberitahu bagaiana caranya membuat tahu mulai dari proses awal sampai tahu tersebut siap dikonsumsi dan dipasarkan.

Pada tanggal 12 Desember 2009 ini, para mahasiswa ESKAS Uni Bern diajak mengunjungi Schaukäserei di Emmental. Emmental dapat ditempuh kurang lebih satu jam dari Bern dengan menggunakan kereta api dan kemudian beberapa menit dengan bis. Tempatnya betul-betul berada di sebuah desa. Di sini kita dapat melihat bagaimana cara pembuatan keju baik itu secara audio visual, mencoba dan membeli keju dan juga souvenir, tidak ketinggalan ada juga tempat bermain anak-anak. Yang menarik bagiku adalah ketika kami menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana cara pembuatan keju. Sebelumnya aku hanya melihat bagaimana pembuatan tersebut di tayangan TVRI ketika aku masih kecil. Pada tayangan tersebut, aku juga melihat panorama alam Swiss yang indah. Dalam hati aku berkata, suatu saat nanti aku juga akan dapat pergi ke sana. Dan ternyata di hari ini aku juga mengalami sendiri bagaimana angan-anganku itu berubah menjadi kenyataan.

Sekitar dua jam kami belajar bagaimana keju tersebut dibuat dari proses susu masih cair hingga akhirnya berubah bentuk menjadi padat. Pabrik ini sudah berdiri sejak tahun 1815. Di sini kita bisa melihat berbagai macam jenis keju. 12 liter susu segar diperlukan untuk membuat satu kilogram keju. Keju tersebut baru dapat dikonsumsi setelah disimpan di tempat penyimpana khusus sekitar 4 bulan lamanya.

Ternyata sepintas lalu cara pembuatan keju ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan tahu yang pernah aku ikuti. Seandainya ada pabrik tahu di Bandung yang memiliki fasilitas seperti ini, pasti banyak pengunjung yang dapat pula mengalami sendiri bagaimana cara pembuatan tahu tersebut.

http://www.showdairy.ch/img/showdairy/intro.html

Schreibe einen Kommentar

