St. Gallen – Kota paling timur di Swiss

Veröffentlicht: November 30, 2009 in Ekskursi

Setelah selesai sholat Idul Adha, aku menuju ke pusat kota. Waktu belumlah menunjukkan pukul 09.00. Kebanyakan toko masih siap-siap untuk menjual barang-barangnya. Karena tadi pagi aku tidak sarapan terlebih dahulu, maka tempat yang aku tuju adalah Migros Restaurant. Mungkin kalau di tanah air tempa ini seperti food court yang biasa dijumpai di mall-mall di kota besar. Pagi itu tidak terlalu banyak pengunjung  yang aku lihat, selain para orang tua yang sambil sarapan mereka membaca koran. Sepertinya mereka adalah para pensiunan yang tinggal menikmati sisa-sisa hidupnya saja.

Di sana aku  sarapan croissant dengan secangkir kopi sambil menunggu waktu keberangkatan kereta api. Hari ini aku berencana pergi ke sebuah kota paling timur di Swiss. Nama kota tersebut adalah  St. Gallen. Aku diundang seorang teman dari Indonesia yang telah cukup lama tinggal di Swiss. Beberapa minggu sebelumnya aku mencari ticket untuk pergi ke sana. Kebetulan hingga pertengahan januari 2010 nanti perusahaan transportasi terbesar di Swiss (SBB) memberikan salah satu penawaran ticket murah. Paket tawaran tersebut bernama Sparbillet. Tanpa paket ini, harga ticket normal dari Bern ke St. Gallen  adalah CHF 65. Namun, dengan Sparbillet aku hanya harus membayar sebesar CHF 48,50.

Perjalanan menuju St. Gallen sekitar dua jam. Kereta melalui berbagai tempat seperti Zürich Airport, kota Winterthur dan beberapa kota kecil lainnya. Di tengah perjalanan aku melihat pemandangan yang sangat indah. Hamparan lading yang masih hijau menanti datangnya musim salju, sungai dengan air yang begitu jernih, pepohonan yang tinggal menyisakan ranting serta rumah-rumah petani yang sangat khas.

Aku tiba di kota St. Gallen pada pukul 12.55. Undangan lain baru akan dating kurang lebih pada pukul 16.30. Oleh karena itu, aku masih memiliki waktu beberapa jam untuk melihat-lihat kota St. Gallen ini. Kotanya cukup indah. Hari ini cuaca di sini cukup bersahabat. Suasana natal sudah mulai terasa di sudut-sudut kota. Pohon natal yang sangat besar dipajang di pekarangan katedral. Weihnachtsmarkt telah dibuka beberapa saat yang lalu. Sama halnya dengan kota-kota lainnya, hingga menjelang natal tanggal 24 Desember.

Pada pukul 15.00 tuan rumah yang semalam sebelumnya aku berkenalan dengannya lewat facebook menelponku dan bertanya di mana posisiku. Dia ternyata baru selesai bekerja dan menungguku di Treffpunkt stasiun. Ia berasal dari Jawa Barat dan menikah dengan seorang perempuan Swiss. Sebelum kami pergi ke rumah,  kami belanja terlebih dahulu untuk keperluan makan malam kami.

Acara malam ini bertepatan dengan genap satu tahun Swiss Indonesia Club. Setiap dua minggu sekali biasanya diselenggarakan acara bincang santai yang berisi mengenai cerita seputar tanah air yang paling aktual dikemas dalam obrolan ringan. Namun karena acaranya selalu bertempat di Zürich dan hari kamis aku ada kuliah, maka setiap kali aku diundang biasanya tidak dapat hadir.

Acara dimulai pada pukul 20.00. Hampir semua undangan telah hadir. Semuanya adalah kaum Adam. Kami mempersiapkan makan malam sebelumnya. Masakan Indonesia menghiasi meja makan rumah yang cukup besar di lantai empat ini. Istri tuan rumah beserta mertuanya kebetulan sedang liburan beberapa minggu di Mesir. Jadi kami bisa leluasa menginap dan berbincang santai.

Tidak terasa kami berbincang dari malam hingga dini hari. Kami banyak bertukar pengalaman satu sama lain mengenai hidup di rantau. Itu dapat menjadikanku referensi.