Idul Adha

Veröffentlicht: November 30, 2009 in Momen

Berbeda dengan lebaran yang lalu, kali ini aku sholat Idul Adha di salah satu mesjid di kota Bern. Itu karena aku harus pergi ke luar kota dan jadwal kereta yang akan aku tumpangi tidak memungkinkan untuk sholat Ied di KBRI. Sholat di mesjid ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama pukul 08.10 waktu setempat, lalu kedua pada pukul 08.45. Karena aku akan pergi ke luar kota untuk beberapa hari lamanya, maka aku membawa satu buah tas ransel berisi penuh barang bawaan.

Aku tiba di mesjid tersebut beberapa menit sebelum sholat dimulai. Mesjid telah terisi penuh oleh jamaat. Kebanyakan mereka berasal dari Timur Tengah. Takbir yang dikumandangkan sedikit berbeda dengan kebiasaan di tanah air. Aku rasa takbir di tanah air cukup menyayat hati siapapun yang mendengarnya. Tapi takbir di sini tidak bernada seperti itu.

Setelah waktu menunjukkan 08.10, maka sholat dimulai. Ada sesuatu yang aneh ketika sholat telah selesai. Kebanyakan dari jamaat langsung meninggalkan mesjid seperti halnya sholat jumat. Khotib mengingatkan dalam bahasa Arab bahwa mereka diharuskan mendengarkan terlebih dahulu khotbah, karena itu salah satu rangkaian sholat Ied. Akan tetapi, jamaat tersebut tidak perduli akan hal tersebut. Barangkali karena hari ini bertepatan dengan hari jumat, di mana sebagian besar dari mereka masih harus pergi beraktivitas, maka mereka pun meninggalkan mesjid.

Hamper pukul 08.45 khotbah belum juga selesai. Sementara jemaat untuk bagian kedua telah berdatangan dan memasuki mesjid. Maka aku pun memutuskan untuk meninggalkan mesjid, padahal khotbah belum selesai.

Schreibe einen Kommentar

