Bodensee – Konstanz

Veröffentlicht: November 30, 2009 in Ekskursi

Hari kedua di St. Gallen aku lewatkan bersama dengan teman-teman lainnya untuk berkeliling kota. Hari ini cuaca di St. Gallen sangat bagus. Matahari tidak enggan menampakkan dirinya. Sinarnya begitu hangat. Weihnachtsmarkt ternyata sudah banyak didatangi pengunjung. Namun, aku tidak bisa bersama-sama hingga akhir acara karena aku punya janji lain.

Aku pergi ke kota Konstanz di Jerman. Di kota ini ada tiga orang mahasiswaku yang sedang kuliah di HTWG Konstanz. Mereka telah berada di sini selama setahun. Adapun program yang mereka tempuh adalah double degree. Perjalanan ke kota Konstanz hanya butuh waktu satu jam saja. Maklum karena kedua kota ini terletak saling bersinggungan dan menjadi perbatassan kedua negara.

Sebelum masuk menjadi negara Schengen, sulit bagi warga Swiss untuk memasuki wilayah Jerman. Begitupun sebaliknya. Mereka harus memiliki surat ijin untuk memasuki kawasan tersebut. Mulai akhir tahun lalu, kebijakan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Banyak orang-orang Swiss yang menyambut baik keadaan ini, meskipun tidak semuanya. Terutama bagi warga Swiss yang tinggal di perbatasan Jerman, mereka dapat berbelanja barang-barang kebutuhan dengan harga lebih murah di sini.

Tepat pada waktu yang telah aku beritahukan sebelumnya, kereta tiba di stasiun Konstanz. Selama di perjalanan aku duduk berdampingan dengan Stefan, seorang guru kimia di salah satu SMA di Swiss. Ia ke Konstanz untuk melihat pertunjukkan musik klasik dengan istrinya yang telah sampai terlebih dahulu darinya.

Aku dijemput oleh salah seorang mahasiswaku dengan salah satu teman Indonesia lainnya yang juga tengah kuliah di HTWG Konstanz. Dari stasiun kami melewati Weihnachtsmarkt di kota Konstanz. Sama halnya dengan kota-kota lainnya suasana cukup meriah, meskipun cuaca di sini ternyata lebih dingin. Kami kemudian menuju Wohngemeinschaft (WG) tempat mereka tinggal. Dari stasiun bila berjalan kaki waktu yang diperlukan sekitar 20 menit. Di WG kami tidak berlama-lama. Kami kemudian menuju Bodensee. Danau yang sangat terkenal karena menjadi kebanggaan tiga negara sekaligus: Jerman, Swiss, dan Austria. Bodensee sebetulnya tidak lebih besar dari Danau Toba menurutku.

Hari telah cukup sore ketika kami tiba di sana. Namun, masih banyak pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di Bodensee ini. Dari kejauhan bisa kita lihat patung Imperia setinggi 28 meter. Wisatawan biasanya berfoto di depan patung Imperia ini. Kami hanya sekitar satu jam berada di tempat ini. Kemudian menuju ke kota menikmati keramaian kota. Mall di sini seperti mall yang ada di Indonesia, sangat ramai, berbeda dengan mall yang biasa aku jumpai di kota Bern.

Tidak lama berselang, kami menuju ke tempat salah seorang teman dari mereka seorang indo keturunan Amerika. Kami diundang makan malam di sana. Perlu waktu cukup lama hingga kami menemukan WG tempat orang tersebut. Makan malam kali ini seperti makan malam sebelumnya di St. Gallen. Menu masakan Indonesia kembali aku dapati. Di sana telah menunggu salah satu mahasiswiku, salah seorang calon mahasiswa asal Bandung yang sedang menempuh Studien Kolleg, dan tentu saja tuan rumah. Aku sangat senang bisa bertemu mereka semua. Selesai makan malam kami bermain UNO. Permainan yang biasa dilakukan di Malang dengan teman-teman kantor atau terkadang dengan mahasiswa. Sayangnya aku terlalu tangguh untuk mereka.

Keesokan harinya aku harus kembali pulang ke Bern. Dengan diantar oleh dua orang mahasiswaku hingga stasiun, kami sebelumnya sekali lagi melihat pemandangan sekitar Bodensee. Karena waktu sangat sedikit, maka kamipun bergegas menuju stasiun. Masih ada waktu beberapa menit sebelum kereta berangkat. Kedua mahasiswaku itu masuk ke dalam kereta dan tanpa sadar mereka terbawa hingga menuju stasiun berikutnya yang telah berada di Swiss tanpa membeli tiket.