Zibelemärit

Veröffentlicht: November 23, 2009 in Momen

Pagi hari ini aku telah pergi menuju ke pusat kota. Cuaca tidak begitu bagus, karena rintik-rintik hujan turun lumayan lama. Selain itu, angin berhembus cukup kencang. Semua itu tidak kuindahkan. Tiba di pusat kota, keramaian sudah terlihat dari kejauhan. Ya, hari ini di ibukota swiss ini diselenggarakan „Zibelemärit“. Dalam bahasa Jerman standar itu berarti „Zwiebelmarkt“ (pasar bawang). Ini merupakan festival tahunan di kota Bern menjelang musim salju. Sekitar 609 stand memajang dan menjual souvenir yang terbuat dari bawang. Untuk semua peserta festival ini diperlukan kurang lebih 46 ton bawang. Souvenirnya dikemas begitu unik, menarik, kreatif, dan menyerupai bentuk aslinya. Misalnya ada wecker, boneka, seikat bunga, binatang, dan masih banyak lagi. Harganya pun bervariasi mulai dari CHF 5 hingga puluhan Swiss Frank.
Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga sangat beragam mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang-orang tua. Semua terlihat senang. Pemandangan aneh yang tidak mungkin dapat kita jumpai di Indonesia adalah ketika anak kecil misalnya menghujani pengunjung lainnya baik itu sesama anak kecil atau juga pada orang dewasa sekalipun dengan kertas konfetti. Kertas ini dijual mulai dari CHF 1 sampai dengan CHF 5 setiap satu kantong plastiknya. Atau kita juga dapat memukul kepala atau bagian tubuh orang lain dengan palu yang terbuat dari karet dan plastik. Tidak ada yang marah ketika dirinya diisengi oleh orang lain. Tetapi suasana malah tampak semakin hangat satu sama lainnya.
Cukup satu jam aku berkeliling di area festival yang sangat unik ini. Karena hari ini juga pada pukul 10.00 aku harus presentasi di kelas untuk salah satu matakuliahku di kampus. Aku berencana untuk kembali lagi ke tempat ini pada sore hari nanti setelah perkuliahan selesai sekitar pukul 16.00.

Kommentare
  1. heti sagt:

    wah… asyik tuh….

    beliin bawangnya dong… hehehe

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s