Rumah Kedua

Veröffentlicht: November 13, 2009 in Schwiiz Info

Seiring dengan banyaknya tugas dan buku yang harus dibaca, maka tidaklah heran kalau setiap mahasiswa selalu pergi ke perpustakaan. Begitu halnya dengan mahasiswa-mahasiswa di Uni Bern, Swiss. Mereka sangat rajin sekali pergi ke perpustakaan, menghabiskan waktunya di sana. Ataupun ketika ada jeda waktu dari perkuliahan sebelumnya ke perkuliahan berikutnya. Kemungkinan besar suasana yang sama juga terjadi di sebagian universitas di tanah air.

Perpustakaan khusus untuk Philosopische Historische Fakultät terletak di Uni Tobler. Ini tiada lain adalah nama gedung yang dulunya merupakan pabrik cokelat yang sangat terkenal, yaitu Toblerone. Gedung ini berada di jalan Länggassstrasse dan dialihfungsikan pada tahun 1982. Fasilitas perpustakaan di sini boleh dikatakan sangat lengkap dan modern, meskipun letaknya berada di bawah tanah. Sementara di lantai pertama hingga lantai empat berderet kantor dekanat dan institut ataupun jurusan yang ada pada fakultas ini, seperti Antropologi, Germanistik, Linguistik Umum, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi anggota perpustakaan ini, cukup mudah saja. Mahasiswa hanya tinggal memperlihatkan kartu mahasiswa (Legi-Karte), dan membayar uang administrasi CHF 20 yang berlaku selama mahasiswa bersangkutan kuliah di Uni Bern. Kita sudah dapat meminjam buku sebanyak-banyaknya tanpa ada batasan selama satu bulan dan bisa diperpanjang selama tidak ada yang memesan buku tersebut. Selain itu, kita juga dapat meminjam DVD. Akan tetapi, masa peminjaman DVD lebih singkat, yaitu hanya 2 minggu saja. Kita dapat meminjam buku yang kita perlukan tidak hanya di perpustakaan ini saja. Tetapi, kita dapat meminjam buku di perpustakaan lainnya di Uni Bern, bahkan perpustakaan yang ada di Uni Basel.

Mahasiswa pada awal semester dapat reservasi tempat sebagai meja kerja pribadi di perpustakaan ini (Arbeitsplatz). Jadi, mereka tidak perlu mengembalikan buku-buku yang dipinjam selama masih digunakan. Buku-buku tersebut mereka simpan di meja kerjanya masing-masing, persis seperti di kamarnya masing-masing. Online-Katalog yang tersedia pun sangat membantu pengunjung. Di perpustakaan institut, malahan mahasiswa dapat meminjam buku tanpa dilayani petugas. Mereka dapat meminjam buku yang tersedia, dengan menulis sendiri pada kertas peminjaman (Ausleihe) yang tersedia. Mahasiswa di sini, memang jujur dalam hal seperti ini. Mungkin hanya sedikit sekali, bahkan dapat dikatakan tidak pernah terjadi buku hilang, meskipun tanpa adanya petugas.

Bagi mahasiswa di sini, kemungkinan perpustakaan sudah menjadi rumah kedua mereka dibandingkan Mall ataupun tempat lainnya.

http://www.ub.unibe.ch/germlib/content/index_ger.html

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s