Altstadtrundgang (Bern City Tour)

Veröffentlicht: September 30, 2009 in Ekskursi

zytglogge Swiss merupakan negara kecil namun memiliki pesona  alam yang menakjubkan, sehingga tidak salah kalau negara ini salah satu tujuan wisata kelas dunia. Sungguh beruntung kami sebagai penerima beasiswa dari pemerintah Swiss, karena setiap bulannya kami disuguhi program wisata rutin. Seperti halnya hari ini. Kami diajak jalan-jalan mengenali kota atau disebut dengan Altstadtrundgang. Tidak hanya jalan-jalan di kota, melainkan lengkap dengan pemandu wisata yang memberikan informasi-informasi penting seputar kota bagi kami. Tampaknya program seperti ini telah menjadi rutinitas setiap tahun bagi ESKAS.

Sabtu ini kami berkumpul di depan Tourist Information Center yang berada di dalam kawasan Bahnhof. Pukul 13.00 semua peserta telah datang. Memang tidak semua penerima beasiswa mengikuti program ini. Kami hanya bersebelas ditambah dengan Frau Fallahi dan seorang pemandu wisata yang bernama Maja Floess. Maja pertama-tama membagikan peta kota Bern kepada kami, lalu dia sambil menyapa bertanya pada kami tentang bahasa yang kami kuasai. Pemanduan dilakukan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jerman.

Route diawali dari depan gerbang Bern Bahnhof. Stasiun ini selesai dibangun tahun yang lalu. Di depannya terdapat bangunan-bangunan lama yang masih terpelihara. Tidak heran kalau Bern sejak tahun 1983 merupakan kota warisan dunia menurut UNESCO, karena kota ini masih memelihara tata kota yang telah ada sejak abad pertengahan.

Dari sana kami kemudian melanjutkan perjalanan ke Bundesplatz, tempat pemerintahan negara ini. Swiss memang tidak mengenal sistem pemerintahan presidential, melainkan memiliki 7 kepala pemerintahan yang dipilih setiap empat tahun sekali. Kita bisa saja mengunjungi tempat ini setiap harinya selama tidak ada kegiatan kenegaraan. Halamannya yang sangat luas pada hari sabtu dan minggu pagi biasanya dijadikan pasar rakyat. Di sebelah kiri gedung terdapat air mancur sejumlah 26 buah yang melambangkan 26 negara bagian di Swiss. Pada musim panas biasanya tempat ini jadi tempat favorit anak-anak.

Dari sana kami melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat tempat berdirinya menara jam atau yang disebut dengan Zytglogge. Jam ini tidak hanya membunyikan loncengnya pada waktu-waktu tertentu, tetapi kita juga bisa melihat hari, tanggal, bulan, tahun, astronomi, dan posisi bulan. Jam ini dibuat pada abad ke-17. Banyak wisatawan yang ingin melihat jam ini dan berpose di depannya.

Tidak jauh dari sana, kami kemudian menuju sebuah menara yang menggambarkan kekuatan manusia dengan mengalahkan singa, siapa lagi tokoh tersebut kalau bukan Samson. Tepat di depannya berdiri sebuah rumah yang bernama Einstein-Haus. Dulu di tempat itu Einstein pernah tinggal. Tidak jauh dari sana kami menuju ke sebuah gereja protestan tua bernama das Berner Munster. Perjalanan kami lanjutkan ke Rosengarten. Di tempat ini kami bisa melihat berbagai macam bunga mawar dari berbagai negara. Orang biasanya datang ke sini untuk melepaskan penat dengan makan dan minum di taman. Ada juga arena bermain untuk anak-anak. Terakhir kami melihat gedung Rathaus, kalau dibandingkan dengan gedung Rathaus yang pernah kukunjungi di Jerman tidak begitu spesial gedungnya.bahnhof

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s