TomTom: Raja Jalanan

Veröffentlicht: September 20, 2009 in Schwiiz Info

tomtom-gpsSabtu, 19 September 2009, merupakan hari terakhir puasa pada tahun ini. Begitu pula halnya dengan acara buka bersama di KBRI Bern. Menjelang buka, sebelum banyak orang yang datang, aku membantu panitia buka bersama untuk membereskan tempat. Ada kawan baru, yang telah sejak tahun tahun 1991 tinggal di Zürich, ikut menghadiri acara pada hari ini. Dia sengaja menyempatkan buka bersama di Bern karena tidak bisa ikut sholat Ied keesokan harinya. Jarak Zürich-Bern ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 1 jam 15 menit.
Aku memanggil dia dengan sebutan Abang, karena dia berasal dari Aceh. Abang Tommie namanya. Di Zürich dia bekerja di sebuah restoran, tinggal di sebuah apartemen dan sudah memiliki mobil sendiri. Dia bercerita secara tidak langsung pada sebuah pembicaraan menjelang buka, bahwa penghasilan seorang pelayan di sebuah restoran di Swiss perbulannya adalah CHF 3.800. Itu jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan di negara Jerman, yaitu hanya 1.500 Euro.
Waktu menjelang buka masih agak lama, sementara dia masih juga belum membayar zakat fitrah. Jumlahnya memang hanya CHF 10, tetapi dia berniat membayarnya di tempat lahirnya Aceh. Sementara dia dianjurkan untuk membayar zakatnya tersebut di Swiss saja. Maka dia harus sesegera mungkin membayarnya. Aku menawarkan diri untuk mengantarnya ke sebuah mesjid di pusat kota, karena di sana orang masih bisa membayar zakat. Dari kantor KBRI kami melaju ke mesjid tempatku biasanya sholat berjamaah. Namun, karena route yang diambil berbeda dengan bis yang biasa kupakai ketika pergi ke KBRI, maka aku kehilangan arah.
Untungnya ada TomTom. Itu tiada lain dan tiada bukan sebuah Global Positioning System (GPS). Di sini GPS betul-betul dapat diandalkan. Seperti kita ketahui, dengan bantuan alat ini kita dapat mengetahui posisi, kecepatan, arah, dan waktu yang kita perlukan untuk mencapai suatu tempat tertentu. Bang Tommie menggunakannya karena dia juga tidak tahu kota Bern, sementara aku di sini baru 2 minggu. TomTom betul-betul akurat menavigasi kami dari KBRI hingga ke mesjid, begitupun sebaliknya.

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s