Student House

Veröffentlicht: September 12, 2009 in Momen

Studentenlogierhaus Fellergut: Mühlerdorfstrasse 28/217 Bern

Tempat ini adalah tempat yang akan aku tinggali selama aku kuliah di sini. Letaknya tidak jauh dari pusat kota. Hanya lima menit saja menggunakan trem dari stasiun yang bernama Bümpliz Nord. Stasiun tersebut berjarak kurang lebih 50 meter dari asrama. Aku tinggal di lantai dua. Ada sekitar 205 orang penghuni asrama ini. Mereka berasal dari berbagai belahan dunia, seperti dari Brasil, Spanyol, India, Vietnam, Jerman Swiss, Jepang, Singapura, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat tinggal di sini kita harus booking dari jauh-jauh hari. Itu bisa dilakukan via internet. Kita harus mengisi form yang telah disediakan secara online, kemudian membayar deposit sebesar CHF 200 sebagai tanda jadi kalau berminat. Aku melakukannya sekitar bulan Juli saat masih di Indonesia. Sementara itu, biaya perbulannya untuk sewa satu kamar adalah CHF 455. Itu sudah termasuk air, listrik, dan sambungan internet. Masing-masing lantai dilengkapi dengan dapur dan setiap penghuni diberikan fasilitas lemari es, lemari untuk menyimpan makanan, peralatan masak, dan lain-lain. Begitupun kamar mandi, kita bisa menggunakannya secara bergantian. Sedangkan untuk mesin cuci terletak di bawah tanah (Keller). Jika kita ingin mencuci pakaian, maka kita harus menuliskan terlebih dahulu waktu penggunaan (taking time). Mesin yang tersedia ada tiga buah dan dua buah mesin untuk pengering. Untuk ssatu jam penggunaan kita harus mengeluarkan uang CHF 1.

Satu kamar dilengkapi dengan satu tempat tidur, meja belajar, rak buku, lemari pakaian, wastafel, dan rak-rak kecil untuk menyimpan buku. Kamarku bernomor 217 dan menghadap kea rah timur. Dari balik jendela stasiun Bümpliz Nord tampak jelas terlihat. Tingal di asrama seperti ini lumayan menyenangkan juga. Tetanggaku satu lantai misalnya ada yang dari Vietnam, Finlandia, India, Brasil, dll. Mereka di sini kebanyakan kuliah. Tetapi ada juga yang sedang praktikum atau magang. Jurusannya pun sangat beragam, ada yang mengambil informatik, Medizintechnik, biologi, bisnis, dan sebagainya.

http://www.vbsl.ch/index.asp?page=fellergut_beschrieb

Kommentare
  1. Primardiana sagt:

    Nah… ini cerita yang bagus untuk calon mahasiswa yang akan kuliah di Swiss. Saya juga jadi bisa membayangkan tempat tinggal dan kegiatan kuliah di sana. Bravo!

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s