11.9.09: Tag des Studienbeginns

Veröffentlicht: September 12, 2009 in Studi

Pukul 8.08 aku pergi dengan trem menuju stasiun akhir Bern. Kemudian ganti kendaraan dengan menggunakan bis hanya dua halte, maka sampailah di Hauptgebäude Universitas Bern. Hari ini merupakan hari pertama dimulainya perkuliahan di semester musim gugur atau Herbstssemester 2009/10. Berbeda dengan di Jerman, di sini tidak mengenal Sommer– dan Wintersemester, melainkan yang ada Herbst, dan Wintersemester. Tiba di foyer gedung tersebut kita sudah dapat merasakan nuansa baru tanda perkuliahan dimulai. Banyak stand yang memberikan informasi seperti kursus bahasa Inggris gratis untuk profesi, ekstrakurikuler olahraga, dan informasi lainnya.

Tepat pukul 08.30 rektor membuka acara pada hari itu dan mengucapkan selamat datang di Universitas Bern yang kini tengah merayakkan hari jadinya yang ke-175 tahun. Tidak berpanjang-panjang rektor memberikan sambutannya. Sangat berbeda dengan protokoler di Indonesia. Acarapun mengalir begitu saja. Setelah selesai, lalu dilanjutkan oleh beberapa pemateri berikutnya yang memberikan informasi lainnya, seperti dari ikatan mahasiswa. Gedung aula sangat penuh terisi para mahasiswa baru. Tahun ini Universitas bern menerima 3000 mahasiswa baru. Sementara total mahasiswa keseluruhannya adalah sekitar 13.000 mahasiswa, dengan jumlah dosen kira-kira 5.000.

Acara hanya berlangsung 30 menit dan tepat waktu. Kami setelah itu keluar ruangan dan diberikan T-shirt berttuliskan Uni Bern. Pada pukul 10.00 di fakultas masing-masing ada pengarahan mengenai perkuliahan lebih lanjut. Akupun pergi ke kampus yang tidak terletak jauh dari gedung utama tadi. Dengan bis kita bisa menempuhnya kurang dari lima menit, yaitu dengan bis jalur 12 Länggasse dan turun di Unitobler. Di sana kami diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai studi kami. Orientasi kampus, seperti melihat kantin atau Mensa, perpustakaan, ruang untuk fotokopi, print, dan lain-lain juga diberikan. Ada beberapa asisten profesor yang memimpin kegiatan itu dibant oleh tiga orang mahasiswa mewakili Fachschaft atau himpunan mahasiswa. Di Universitas ini mahasiswa tidak mengenal istilah perpeloncoan.

Kommentare
  1. Primardiana sagt:

    Wa,

    koq kayaknya ceritanya belum selesai untuk judul itu, ataumemang ga diberi penutup?

  2. sobara sagt:

    Liebe Ibu Prima,

    ceritanya memang seperti itu. Mungkin kalau di kampus kita mengenalnya dengan istilah PKPT.

  3. WAHYU sagt:

    sepertinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,, pasti nanti akan menjadi dongeng sebelum tidur untuk mahasiswanya pak iwa di Indonesia🙂

    Selamat Belajar!

    Selamat Lebaran juga ya pak!

    Minal Aidin wal Faidin,, mohon maaf lahir Batin,,,

  4. sobara sagt:

    Lieber Wahyu,

    danke schön. Lernen Sie bitte immer fleißig!

Schreibe einen Kommentar

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s