10.9.09: Fremdenpolizei

Veröffentlicht: September 12, 2009 in Schwiiz Info

Sebagai orang asing yang tinggal lama di suatu negara lain tentunya kita harus lapor kepada pihak berwajib. Dua hari berturut-turut ini aku harus hilir mudik ke Fremdenpolizei untuk lapor. Jaraknya memang tidak begitu jauh dari asrama. Hanya perlu ke Bern Hbf lalu dari sana jalan kaki kurang lebih 10 menit. Berbagai syarat untuk pembuatan identitas selama aku tinggal di bern ini sebetulnya sudah diberikan pihak pemberi beasiswa dan sudah sejak aku masih di Indonesia. Tapi entah kenapa masih ada saja yang kurang. Persyaratannya hanya paspor, visa, 2 buah pas foto, dan surat perjanjian sewa tempat tinggal.

Pada hari pertama aku ke sana kantor masih tutup, karena memang baru buka jam 10. Akan tetapi, di ruang tunggu sudah banyak sekali para pemohon yang ingin mengurus identitas tersebut dan mereka tentunya dari berbagai negara di belahan bumi ini. Tepat pada pukul 10 semua orang memasuki kantor dan mengambil nomor antrian, layaknya kita masuk bank-bank di Indonesia.

Prosesnya tidaklah rumit dan bertele-tele seperti birokrasi di Indonesia. Namun saying persyaratanku kurang surat perjanjian serta foto yang kubawa tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk paspor di Swiss. Maka pulanglah aku tanpa membawa hasil.

Keesokan harinya aku mencoba lagi menguruskannya dengan membawa syarat yang kurang dan membuat foto lagi di foto box yang terletak di stasiun dekat asrama. Harganya sangat mahal, karena untuk ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar kita harus mengeluarkan CHF 8,-. Dengan perasaan yang masih belum pasti pergilah untuk kedua kalinya ke kantor Fremdenpolizei.  Kurang lebih pukul 13.30 aku masuk dengan ruangan yang terlihat lebih kosong dari hari sebelumnya. Setelah minta dicek pada bagian informasi dan semua persyaratan sudah lengkap, maka aku duduk untuk menunggu giliran. Pada saat nomorku dipanggil maka majulah ke meja konfirmasi. Ada petugas perempuan yang ramah di sana menungguku. „Grüezi“ dia menyapaku. Aku menjelaskan perihal permohonanku. Semuanya beres, hanya fotonya saja yang lagi-lagi masih belum sesuai. Jarak antara dagu ke bagian bawah foto harus 5 mm, sementara fotoku sangatlah dekat. Dia menganjurka aku untuk foto lagi di foto box yang telah disediakan di kantor tersebut. Harganya CHF 10,- karena ada 6 buah foto yang dicetak. Setelah selesai foto, aku kembali ke petugas tersebut. Dia hanya mengambil satu buah fotoku saja dengan cara menggunting salah satunya. Lalu uangku CHF 18,-?

Schreibe einen Kommentar

